Senin, 10 Oktober 2011

Karena pemuda adalah potensi

Apa yang anda ketahui tentang Parlemen Muda ?
Saya mengetahui informasi tentang parlemen muda dari jaringan sosial yang dikirimkan oleh teman. Parlemen Muda ini mencoba mengumpulkan pemuda yang berfikir kritis dan mempunyai latar belakang aktifis dari setiap provinsi yang ada di Indonesia untuk duduk dalam satu forum membahas isu mengenai demokrasi dan permasalahan masyarakat. Tak hanya itu, di dalam forum Parlemen Muda ini juga diberi pelatihan tentang partisipasi di ranah politik,membangun kecakapan dalam berbicara serta berfikir untuk menemukan solusi dari permasalahan sehingga setiap lulusan dari forum ini merupakan pemuda yang siap memimpin dan terjun langsung ke masyarakat.

Alasan terhadap isu yang ingin di bahas.
Pendidikan merupakan elemen terpenting dalam membangun peradaban yang mapan di negeri ini. Indonesia yang sedang berkembang membutuhkan sumber daya manusia yang banyak yang bergelut di berbagai disiplin ilmu. Indonesia akan lebih maju dari segi teknologi serta peradaban jika jumlah masyarakat yang berpendidikan tinggi semakin banyak, sehingga pola fikir pembangunan yang searah bisa diterapkan. Ketika masyarakatnya sudah berfikir maju maka lingkungan yang sehat akan terbentuk, baik sehat secara pola fikir yang rasa sosialnya tinggi maupun sehat secara fisik. Sehingga kesehatan masyarakat juga akan terjaga dari penyakit-penyakit sosial yang sudah sangat kronis seperti korupsi, kolusi, nepotisme serta penyakit fisik.
Apa permasalah yang anda ketahui di daerah anda terkait dengan permasalahan yang akan didiskusikan di sidang Parlemen Muda ?
Di Aceh permasalahan yang sedang bergejolak adalah ketidakpercayaan antar elit politik yang sedang berkuasa, baik yang sedang berada di legislatif maupun eksekutif. Komunikasi yang terputus antara kedua penguasa tersebut membuat keruh ditataran masyarakat sehingga terjadi konflik yang memicu adrenaline dan bahkan tak jarang mengundang tumbangnya korban jiwa. Permasalahan kedua adalah kedewasaan berfikir, baik pejabat pemerintahan, pembuat kebijakan, masyarakat bahkan termasuk pemuda. Jumlah masyarakat yang besar didukung dengan tersedianya sumber daya alam yang melimpah seharusnya mampu mensejahterakan kehidupan penghuni di provinsi ini. Namun nyatanya, para pembuat kebijakan tak mampu bertindak sebagai organizer untuk mengelola semuanya. Bahkan banyak dari kekayaan alam di jual secara mentah dan ada bahkan dibiarkan begitu saja. Begitu juga dari segi masyarakat yang termasuk di dalamnya elemen pemuda. Proses berfikir kreatif serta menghasilkan ide brilian untuk mengolah permasalahan menjadi solusi bersama sangat jarang kita dapati. Begitu banyak potensi di daerah ini yang bisa diolah sehingga menghasilkan produk ekonomi yang laku di pasaran.
Permasalahan lainnya adalah pendidikan. Kurikulum yang begitu padat membuat pelajar terbebani dengan ilmu yang berat dan bahkan beberapa mata pelajaran yang tidak terlalu sesuai dengan kondisi sekarang masih harus dipelajari. Permasalahan inilah yang membuat para pelajar kurang berfikir kreatif terhadap lingkungan sekitarnya. Padahal seharusnya mereka tidak perlu dibebani dengan begitu banyak mata pelajaran dan teori, para pelajar seyogyanya diajarkan disiplin ilmu sesuai dengan minat mereka serta fokus terhadap kecendrungan yang mereka pilih. Diatas adalah beberapa permasalahan dari sekian banyak permasalahan di Aceh yang relevan untuk di bahas dalam Parlemen Muda tahun ini.

Menurut anda kebijakan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tersebut ?
Kebijakan yang harus dilakukan harus menyeluruh, seyogyanya dapat diterapkan di level nasional tidak hanya di tingkat daerah. Kebijakan yang ingin diputuskan bukan untuk membela pihak minoritas maupun mayoritas, ia membela yang benar baik kebenaran itu berada di minoritas maupun mayoritas, sehingga pembangunan searah yang dimaksudkan benar-benar terlaksanana. Kebijakan yang diperlukan adalah pemangkasan kurikulum serta pengurangan mata pelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi terkini. Selanjutnya dibukanya peluang untuk masyarakat intelektual terlibat aktif dalam pembuatan kebijakan. Solusi  terakhir yang saya tawarkan adalah pemberian kesempatan kepada elemen masyarakat yang berada pada umur produktif untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi di berbagai disiplin ilmu 

Apa harapan anda ikut serta dalam Parlemen Muda ?
Dengan mengikuti kegiatan ini besar harapan pola fikir saya jadi lebih berkembang dengan mengenal dan memerhatikan serta mempelajari ide brilian dari peserta lainnya. Peserta yang berasal dari berbagai latarbelakang serta daerah menjadi target untuk berkenalan dan bertukar pandangan. Pengalaman serta pendidikan yang ditawarkan dalam kegiatan ini akan menjadikan saya sebagai pribadi yang lebih mengenal permasalahan negeri ini dan siap menjadi pemimpin dimasa depan.

Tulisan ini ditujukan untuk mengikuti proses seleksi Parlemen Muda, jadi kalau anda mau ikut juga jangan copas tulisan ini ya sob, be creative..!!

2 komentar:

hebadaragema mengatakan...

wuih.. ikutan parlemen muda juga rupanya

Taufiq M.Isa mengatakan...

iya,
pasti amal ikut juga dan ga lolos, hehe...
*sambil kasih tisu